Pencarian

Memuat...

Rabu, 03 Oktober 2012

Bagian - Bagian Pada Gitar Akustik

Bagi anda yang baru pertama kali mempelajari gitar, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen bagian dari gitar akustik. Walau hal ini sebenarnya sepele, namun sangat disarankan untuk mengetahuinya.

Seperti yang anda baca pada judul artikel ini, kita akan membahas komponen gitar akustik. Pada gitar akustik terdapat beberapa komponen yang perlu untuk kita ketahui, khususnya bagi anda yang memang serius untuk mempelajari gitar.

Sebelum kita melanjut, perlu anda ketahui bahwa gitar terbagi atas 3 bagian utama, yaitu Headstock, Neck dan Body.  Masing-masing bagian tersebut memiliki komponen-komponennya masing-masing. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.






Pada gambar terlihat komponen-komponen pada bagian gitar akustik. Perlu anda ketahui, komponen pada gitar akustik sedikit berbeda dengan gitar listrik. Seperti apa perbedaannya? Anda akan ketahui nanti. Mari kita bahas komponen gitar satu per satu.

  1. Headstock
    Headstock adalah 'kepala gitar'. Letaknya berada dibagian ujung gitar (lihat pada gambar). Seperti apa komponen-komponen pada Headstock? Berikut cuplikannya.
    • Tuner Posts
      Jika anda sering memasang senar gitar, pastinya tidak akan asing dengan komponen ini. Gunanya untuk mengikatkan ujung senar gitar. Komponen ini terkadang bisa longgar. Jika hal ini terjadi, maka nada yang dihasilkan senar akan terganggu.
    • Tuner
      Tuner adalah 'penyetem' senar, yang fungsinya adalah sebagai tempat 'menempelnya' ujung senar gitar. Selain itu, tuning pegs berfungsi sebagai pengatur ketegangan dan kerenggangan senar pada gitar, sehingga ketika kita menyetem gitar kita bisa mengatur ketegangan dan kerenggangan pada senar tersebut.
    • Nut
      Nut ini mungkin bagian yang mendapat perhatian paling sedikit bagi para pecinta gitar, padahal ia tidak kalah pentingnya dibanding komponen lain. Nut berfungsi sebagai 'pengunci posisi senar', maksudnya agar senar yang terpasang di gitar bisa sejajar pada posisinya. Apabila bagian kiri atau kanannya ada sedikit patahan, maka posisi senar bisa lari.


  2. Neck
    Sesuai namanya, Neck merupakan leher pada gitar. Neck ini sendiri memiliki beberapa komponen penting sebagai berikut.
    • Fret
      Fret berfungsi sebagai petunjuk letak titik not pada gitar. Contohnya ketika kita memainkan sebuah chord, fret akan berfungsi untuk menentukan posisi-posisi jari. Inilah salah satu kelebihan gitar dibanding biola. Biola sama sekali tidak memiliki fret sebagai petunjuk nada, sehingga lebih sulit dibanding gitar.
    • Fretboard
      Fretboard adalah sebuah komponen berbentuk papan tempat menempelnya fret. Oleh sebab itu diberi nama 'Fretboard' (Papan Fret). Terkadang Fretboard disebut juga Fingerboard.
    • Senar
      Senar adalah salah satu komponen penting dalam gitar. Tanpa senar, gitar bukanlah sebuah alat musik, melainkan hanyalah sebuah kayu kopong biasa dan tidak akan bisa mengeluarkan untaian nada. Fungsi senar adalah untuk menghasilkan untaian nada.



  3. Body
    Body adalah 'badan' dari gitar tersebut. Setelah sebelumnya kita membahas kepala dan leher, waktunya kita membahas bagian Body. Body terbagi atas beberapa komponen yang sangat penting, yaitu:
    • Soundhole
      Salah satu perbedaan mencolok antara gitar akustik dan gitar listrik adalah komponen ini. Lobang pada gitar akustik memungkinkan suara yang dihasilkan gitar menjadi lebih besar. Tidak hanya itu, lobang ini juga berfungsi sebagai tempat pick-up menempel ketika akan disambungkan ke ampli.
    • Saddle
      Komponen ini berfungsi sebagai tempat senar menempel. Jika anda hendak memasang senar, maka tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah memasang senar anda pada saddle.
    • Bridge
      Sepele, namun tidak sepele. Itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan komponen ini. Bridge berguna untuk memberi jarak antara senar dengan fretboard, sehingga senar tidak langsung menempel pada fretboard.

Itulah beberapa komponen pada gitar akustik. Saya yakin setelah ini wawasan anda akan bertambah. Walaupun tidak terlalu membantu banyak dalam permainan gitar anda, namun setidaknya anda bisa 'menggertak' gitaris lain dengan wawasan anda mengenai komponen gitar. :p

0 komentar:

Poskan Komentar